5 Manfaat Tembakau, Salah Satunya Diperlukan oleh Banyak Orang
Ilustrasi tembakau (foto: indonesia.go.id)

Bagikan:

Banyak masyarakat menganggap bahwa tembakau selalu identik dengan rokok yang memiliki dampak negatif untuk tubuh. Hal itu kemudian menimbulkan stigma bahwa tembakau sangat buruk untuk tubuh. Padahal manfaat tembakau bisa dimanfaatkan untuk kesehatan.

Manfaat tembakau yang jarang disadari

Selain rokok, tembakau dimanfaatkan pula sebagai bahan ramuan obat. Asal tepat mengolah, manfaat kesehatan dapat Anda petik dari tembakau. Berikut manfaat tembakau yang dirangkum dari berbagai sumber.

Penghasil protein

Laboratorium farmasi rekayasa hayati (bioengineering) tengah gencar meneliti tembakau. Dari studi yang dilakukan didapati fakta bahwa tembakau dapat dimanfaatkan DNA-nya untuk menjadi inkubator penghasil protein.

Meningkatkan produksi vaksin

Suatu studi mengatakan bahwa tembakau punya antigen yang serupa dengan virus influenza, sehingga dapat dijadikan vaksin. Bahkan pembuatan antigen dari tembakau lebih cepat daripada virus itu sendiri.

Kaya akan protein nabati

Ahli agronomi dan ahli kimia meyakini bahwa tembakau jenis Nicotiana tabacum adalah sumber protein. Tanaman ini mudah diproses jadi penghasil protein untuk makanan ternak, pestisida, dan sebagainya.

Mengandung protein anti kanker

Peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), DR Arief Budi Witarto Meng mengatakan bahwa tembakau bisa menghasilkan protein anti kanker.

“Protein dibuat oleh DNA dari tubuh kita, kita masukkan DNA yang dimaksud itu ke tembakau melalui bakteri, begitu masuk, tumbuhan ini akan membuat protein sesuai DNA yang dimasukkan. Kalau tumbuhan itu panen, kita dapat cairannya berupa protein,” Arief, dikutip dari arsada.org.

Ramuan HIV/AIDS

Tembakau mampu menghasilkan protein obat human immunodeficiency virus (HIV) yang jadi sebab AIDS, yang disebut griffithsin. Dalam kasus ini, yang dimanfaatkan adalah virus tembakaunya.

Selain informasi terkait manfaat tembakau dan tips lainnya, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.id.