Museum Mandar: Museum yang Simpan Koleksi Budaya di Sulawesi Barat
Museum Mandar Majene (Foto: direktorionlinemuseumdiindonesia.wordpress.com)

Bagikan:

Tak banyak yang tahu bahwa Sulawesi Barat (Sulbar) memiliki museum yang menyimpan benda bersejarah. Museum tersebut bernama Museum Mandar. Eksistensi museum tersebut memang tak terlalu muncul, namun Anda dapat mengunjungi museum tersebut untuk edukasi atau untuk kegiatan pariwisata.

Sejarah Museum Mandar

Dilansir dari asosiasimuseumindonesia.org, Museum Daerah Mandar berdiri didasarkan pada keputusan Seminar Kebudayaan Mandar di Majene pada 2 Agustus 1984. Usulan pendirian museum saat itu disambut baik oleh Pemda Tingkat II Kabupaten Majene. Untuk merealisasikan usulan tersebut, ditunjuklah bekas rumah kediaman Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kabupaten Majene.

Pada tahun 1989 status hukum Museum Mandar Majene yang awalnya berstatus swasta diubah menjadi Museum Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Majene dengan surat Keputusan Bupati KDH Tk. II Majene Nomor 142 / HK-KPTS / IX / 1989.

Koleksi Museum Mandar

Dilansir dari berbagai sumber, Museum Mandar adalah tempat wisata yang cocok dijadikan sebagai tempat belajar untuk mempelajari suku Mandar, suku yang tinggal di kawasan pesisir Provinsi Sulawesi Barat. Mereka juga dikenal sebagai pelaut yang ulung dan berhasil mengarungi lautan di Indonesia dengan perahu tradisional.

Dalam museum ada beberapa replika berbagai jenis perahu tradisional, salah satunya maket perahu body, yaitu perahu tanpa layar. Ada pula perahu layar, perahu lete’, dan sebagainya.

Selain perahu, museum juga menyimpan berbagai keunikan Suku Mandar, mulai dari pakaian adat, bentuk rumah, sampai peralatan rumah tangga. Di salah satu ruangan ada pula koleksi kedokteran peninggalan rumah sakit Belanda, dan sebagainya.

Museum juga memiliki berbagai fasilitas, mulai dari ruang pameran, ruang penyimpanan koleksi, aula, perpustakaan, ruang pengelolah museum, toilet, dan sebagainya.

Lokasi dan Jam Operasional Museum Mandar

Beberapa sumber mengatakan bahwa Museum Mandar ini adalah satu-satunya museum yang ada di Sulbar. Bagi Anda yang ingin melihat koleksi tentang suku Mandar dapat berkunjung ke lokasi museum yang ada di Jl. Raden Suradi No. 17, Kelurahan Pangali-ali, Kecamatan Banggae, Majene, Provinsi Sulawesi Barat.

Jam operasional Museum Mandar

  • Senin - Kamis:
  1. Jam 08.00 - 12.00
  2. Jam 14.00 - 16.00
  • Hari Jumat:
  1. Jam 08.00 - 11.30
  2. Jam 14.00 - 16.00 : 30
  • Hari Sabtu - Minggu
  1. Jam 09:00 - 16:30

Biaya tiket yang dikenakan kepada pengunjung untuk masuk museum sangat terjangkau. Untuk orang dewasa hanya dikenakan biaya sebesar Rp3.000  per orang. Sedangkan biaya untuk anak-anak yakni Rp2.000  per orang.

Selain informasi terkait Museum Mandar, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.id.