5 Manfaat Air Rebusan Serai untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Atasi Kecemasan
Ilustrasi air rebusan serai (foto: Freepik/Ikahilal)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Manfaat air rebusan serai untuk kesehatan ternyata bukan sekedar mitos. Sejumlah penelitian menunjukkan, serai adalah sumber yang kaya akan flavonoid dan senyawa fenolik. Senyawa kimia alami ini menjadi agen antibakteri dan antijamur yang efektif.

Selain itu, senyawa flavonoid yang terkandung dalam serai juga mempunyai sifat antiinflamasi dan penangkal radikal bebas (antioksidan).

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk meminum air rebusan serai setiap hari agar manfaatnya lebih terasa.

Manfaat Air Rebusan Serai

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 7 Januari 2024, berikut manfaat air rebusan serai untuk kesehatan yang belum banyak diketahui:

1. Meningkatkan jumlah sel darah merah

Menurut sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2015, mengonsumsi air rebusan serai setiap hari selama 30 hari bisa meningkatkan konsentrasi hemoglobin, volume sel, dan jumlah sel darah merah di dalam tubuh.

Para peneliti melakukan tes darah kepada 105 subjek manusia pada awal penelitian, dan pada hari ke 10 dan 30 setelah penelitian. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa minum air rebusan serai bisa meningkatkan pembentukan sel darah merah.

Kendati demikan, para peneliti tidak bisa mengidentifikasi secara pasti bagaimana serai berkaitan dengan hal ini. Mereka berpendapat bahwa sifat antioksidan dari air rebusan serai mungkin berperan dalam peningkatan jumlah sel darah di dalam tubuh.

2. Mengatasi kembung

Manfaat minum air rebusan serai yang berikutnya adalah dapat memberikan efek diuretik. Air rebusan serai dapat merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine lebih banyak dari biasanya.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Renal Nutrition, air rebusan serai bisa meningkatkan keluarnya urine lebih banyak ketimbang minuman lainnya.

Efek diuretik air rebusan serai bisa bermanfaat bila retensi air menyebabkan perut kembung. Ini merupakan gejala umum dari premenstruasi syndrome (PMS).

3. Menghilangkan peradangan

Di atas telah disinggung bahwa air rebusan serai mengandung flavonoid yang memiliki manfaat antioksidan dan antiinflamasi. Flavonoid di dalam serai disebut dengan quercetin.

Kandungan quercetin pada serai dapat mengurangi peradangan atau inflamasi, menghambat pertumbuhan sel kanker, serta mencegah penyakit jantung.

4. Menghilangkan rasa cemas

Mengutip Medical News Today, air serai ternyata dapat mengurangi kecemasan bila diminum secara rutin setiap hari.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Pusat Kaker Memorial Sloan Kettering, ada keterkaitan antara mencium aroma serai dengan kondisi kecemasan seseorang. Kendati demikian, masih butuh banyak bukti untuk bisa memastikan manfaat air rebusan serai yang satu ini.

5. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Di berbagai negara yang memiliki tanaman asli serai, orang-orang akan mengunyah batang serai untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Dugaan manfaat serai yang satu ini sudah dikonfirmasi melalui sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Food Chemistry. Dalam jurnal tersebut dikatakan bahwa ekstrak serai bisa menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus sanguinis yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Demikian informasi tentang manfaat air rebusan serai untuk kesehatan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.