Manfaat Pijat Refleksi untuk Tubuh, Salah Satunya Bisa Memperlancar Peredaran Darah
Ilustrasi (KoolShooters/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kegiatan yang melelahkan selama hari kerja sering kali membuat lelah baik secara fisik, mental, maupun emosional. Oleh karena itu, Anda perlu memanjakan diri agar perasaan lebih tenang dan badan lebih segar dapat dilakukan dengan pijat refleksi. Aktivitas ini cocok sekali untuk mengisi waktu akhir pekan agar siap menjalani hari-hari kerja berikutnya.

Berbeda dengan body massage yang memijat keseluruhan otot tubuh, pijat refleksi adalah pemijatan bagian tubuh di titik-titik tertentu. Terapi pijat ini ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak. Berikut manfaat refleksi, melansir Healthline, Senin, 26 Desember.

Meningkatkan Fungsi Saraf

Seiring bertambahnya usia, ujung saraf menjadi kurang sensitif di beberapa bagian tubuh terutama di ujung kaki dan tangan. Dengan terapi reflexology, lebih dari 7.000 ujung saraf bisa dirangsang untuk meningkatkan fungsinya. Membuka dan membersihkan jalur saraf dapat membantu meningkatkan fungsionalitas dan fleksibilitas di banyak area seluruh tubuh. 

Dengan menyelaraskan fungsi organ dan sistem otot, pijat refleksi dapat meningkatkan metabolisme dan proses penciptaan energi dalam tubuh. Jika Anda selalu merasa lemas, mungkin sesi pijat refleksi dapat membantu mengembalikan semangat Anda.

Memperlancar sirkulasi darah

Gerakan pijat refleksi ini dipercaya dapat membuka simpul pada pembuluh darah yang mana peredaran darah akan lebih optimal. Saat peredaran darah lancar, maka akan lebih banyak oksigen dapat mencapai organ vital sehingga fungsinya dapat lebih optimal. Sirkulasi darah yang lancar juga menghasilkan penyembuhan lebih cepat dan pertumbuhan kembali sel-sel yang rusak.

Relaksasi

Pijat refleksi dapat membuka jalur saraf. Jika jalan saraf bebas tanpa hambatan, maka keadaan tubuh bisa jadi lebih rileks. Selain rileks, pijat refleksologi juga bisa bantu mengurangi gangguan tidur seperti insomnia dan mengembalikan ritme sirkadian.

Meredakan nyeri

Refleksi membantu menjadi lebih rileks, tenang, dan santai. Jika tubuh berada dalam posisi ini maka nyeri tubuh yang diakibatkan oleh stres dapat diatasi. Jika Anda sering merasa banyak tekanan baik kerjaan maupun masalah hidup, coba sesekali manjakan diri dengan mengunjungi tempat refleksi.

Meredakan sakit kepala

Pijat refleksi digunakan banyak orang sebagai metode menghilangkan sakit kepala, seperti migrain. Refleksologi dapat mengurangi ketegangan otot sehingga rasa kurang nyaman akibat migrain dapat mereda.