Manfaat Ginseng Bagi Tubuh, Salah Satunya Bisa Redakan Peradangan
Ilustrasi (Ma-No/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Ginseng, sebagai rempah herba, telah banyak digunakan sebagai bahan dasar obat herbal di Asia dan Amerika Utara. Diketahui terdapat dua jenis ginseng, yaitu ginseng asia (ginseng korea) dan ginseng Amerika. Menurut studi, kedua jenis ginseng tersebut memiliki manfaat yang berbeda.

Dilansir dari Healthline, Senin, 19 Desember, berikut adalah beberapa dari banyak manfaat ginseng bagi tubuh.

Melindungi Otak

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa komponen dalam ginseng, seperti ginsenosida dan senyawa K, dapat melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, konsumsi ginseng secara teratur selama minimal 5 tahun dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif di kemudian hari.

Meredakan Peradangan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ginseng dan senyawa ginsenoside yang terkandung di dalam ginseng dapat menghambat peradangan dan mengurangi kerusakan oksidatif pada sel. Yang dapat menyebabkan penyakit kronis. Satu studi ada 12 pria aktif menemukan bahwa konsumsi suplemen ekstrak ginseng dalam jangka pendek terbukti dapat mengurangi kerusakan otot yang disebabkan karena olahraga.

Membangun dan Meningkatkan Imun

Beberapa studi mengatakan bahwa salah satu tipe ginseng amerika dapat menurunkan tingkat demam pada orang dewasa. Pasalnya, ginseng memiliki sifat anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus yang kuat dan dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Berpotensi Melawan Kanker

Ginseng dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu. Ginsenosida dalam ramuan ini telah terbukti membantu mengurangi peradangan dan memberikan perlindungan antioksidan. Siklus sel adalah proses di mana sel biasanya tumbuh dan membelah. Ginsenosides dapat bermanfaat bagi siklus ini dengan mencegah produksi dan pertumbuhan sel yang tidak normal.

Mengontrol Gula Darah

Ginseng juga bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah pada orang dengan dan tanpa diabetes. Ginseng Amerika dan Asia telah terbukti meningkatkan fungsi sel pankreas, meningkatkan produksi insulin, dan meningkatkan penyerapan gula darah dalam jaringan.

Ginseng merah yang difermentasi bisa lebih efektif mengontrol gula darah. Ginseng yang difermentasi diproduksi dengan bantuan bakteri hidup yang mengubah ginsenosides jadi bentuk yang lebih kuat dan mudah diserap.