AS Tuding Rusia Gunakan Zat Kimia Terlarang Chloropicrin Saat Lawan Tentara Ukraina
ILUSTRASI FOTO/ Tentara Ukraina/DOK via Instagram @ukraine.ua

Bagikan:

JAKARTA - Amerika Serikat (AS) menuding Rusia menggunakan senjata kimia “sebagai metode perang” melawan Ukraina dan menjatuhkan sanksi baru terhadap perusahaan-perusahaan Rusia dan badan-badan pemerintah.

Dalam pernyataan pada Rabu, 1 Mei, waktu setempat, Kementerian Luar Negeri AS mengatakan pihaknya telah “membuat keputusan … bahwa Rusia telah menggunakan zat kimia chloropicrin terhadap pasukan Ukraina yang merupakan pelanggaran terhadap Konvensi Senjata Kimia (CWC).”

Rusia juga menggunakan “agen pengendali kerusuhan,” atau gas air mata, selama perang yang melanggar CWC.

“Penggunaan bahan kimia tersebut bukanlah sebuah insiden yang terisolasi, dan mungkin didorong oleh keinginan pasukan Rusia untuk mengusir pasukan Ukraina dari posisi yang dibentengi dan mencapai keuntungan taktis di medan perang,” katanya dilansir Reuters, Kamis, 2 Mei.

Kesimpulan AS ini sesuai dengan kesaksian pasukan Ukraina yang mengatakan mereka menghadapi peningkatan pertemuan dengan gas dan bahan kimia pengiritasi lainnya di garis depan mereka melawan pasukan Rusia dalam beberapa bulan terakhir.

Dalam pernyataan yang diposting di media sosial pada Maret lalu, tentara Ukraina mengatakan pihaknya mencatat lebih dari seribu insiden di mana Rusia menggunakan “amunisi gas air mata yang dilengkapi dengan bahan kimia beracun yang dilarang untuk peperangan,” dengan 250 kasus hanya pada Februari.

Rusia sebelumnya membantah menggunakan senjata kimia.

“Tidak ada senjata kimia dalam persediaan tentara Rusia, sebagaimana dikonfirmasi oleh penyelidikan internasional,” tulis Kedutaan Besar Rusia di Belanda di halaman X (dulu Twitter), menurut laporan dari berita TASS yang dikelola pemerintah pada Januari 2024.

Chloropicrin banyak digunakan sebagai bahan perang kimia pada Perang Dunia I, namun tidak lagi diizinkan untuk penggunaan militer, dan sekarang sebagian besar digunakan di bidang pertanian, menurut CDC. Ini menyebabkan iritasi paru-paru, mata, dan kulit, dan dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare yang berlangsung selama berminggu-minggu, menurut CDC.