Prakiraan Cuaca BMKG, Hujan Melanda Sejumlah Wilayah Indonesia, Begini Kondisi Jakarta 
Prakirawan BMKG Muhammad Irsal Yuliandri paparkan prakiraan cuaca hari ini. (Foto @bmkg)

Bagikan:

JAKARTA - Menurut prakiraan cuaca yang dikemukakan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) hujan akan melanda sejumlah wilayah Indonesia. Wilayah ibukota Jakarta dan sekitarnya juga akan mengalami hujan sepanjang hari. Buat Anda yang akan melaksanakan aktivitas di luar rumah bisa meningkatkan kewaspadaannya.

Prakirawan BMKG Muhammad Irsal Yuliandri menyamapaikan informasi prakiraan cuaca Indonesia yang berlaku sepanjang Minggu 5 Desember 2021. "Terpantau adanya aliran massa udara dingin dari Asia menyebabkan beberapa wilayah di Indonesia mengalami peningkatan intensitas curah hujan seperti misalnya di sekitar Selat Karimata, Laut Natuna, Bangka dan Belitung, Laut Jawa bagian Barat dan Selatan, sebagian besar Jawa dan Sulawesi bagian selatan," paparnya.

Sementara itu curah hujan juga akan terjadi di wilayah Indonesia lainnya. "Selanjutnya beberapa wilayah yang perlu diwaspadai akan adanya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat petir dan juga terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, sebagian besar Jawa. Kemudian sebagian besar Kalimantan, bagian tengah dan bagian selatan, Bali, Nusa Tenggara, Maluku Utara dan Papua Barat juga akan dilanda hujan," lanjutnya.

Untuk Wilayah Jakarta, BMKG memprakirakan hujan ringan terjadi di seluruh wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu sepanjang hari hingga malam. BMKG mengeluarkan peringatan potensi hujan disertai petir di empat wilayah DKI Jakarta pada Minggu siang dan sore. Wilayah tersebut, yakni Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Timur.

Pada pagi hari, hujan sedang melanda Jakarta Barat dan Jakarta Selatan, wilayah DKI lainnya dan Kepulauan Seribu mengalami hujan ringan.

Beralih ke siang hari, Jakarta Selatan dan Timur diperkirakan mengalami hujan disertai petir, sedangkan wilayah lainnya termasuk Kepulauan Seribu masih hujan ringan. Hujan ringan diperkirakan masih terjadi hingga malam hari.

Rata-rata suhu udara di Jakarta yakni minimum 24 derajat Celcius, sedangkan tertinggi 30 derajat Celcius. Suhu udara Kepulauan Seribu yakni 26-30 derajat Celcius. Kelembaban udara di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu berkisar 85-95 persen.

Demikian prakiraan cuaca BMKG untuk beberapa wilayah Indonesia dan ibukota Jakarta. Semoga bisa menjadi panduan Anda yang akan beraktivitas hari ini.