Tradisi Unik Suku Mandar, Suku yang Hebat di Lautan Sulawesi Barat
Tradisi Suku Mandar (Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Bagikan:

Siapa sangka bahwa Provinsi Sulawesi Barat punya suku hebat yang bernama Suku Mandar. Suku ini terkenal karena kehebatan mereka di lautan. Bahkan mereka mampu membuat perahu yang mampu mengangkut beban yang cukup berat.

Suku Manda punya beberapa tradisi unik. Tradisi tersebut hingga saat ini masih dilestarikan. Lalu, apa saja tradisi unik Suku Mandar?

BACA JUGA:


Tradisi Kalindaqdaq

Kalindaqdaq adalah tradisi yang dilakukan Suku Mandar. Tradisi itu berupa penyampaian perumpamaan ketika hendak menyampaikan keinginannya kepada seseorang. Penyampaian tersebut berupa sindiran-sindiran yang mampu membuat lawan bicara kagum. Kalindaqdaq kadang mirip dengan puisi, rayuan, atau kata-kata motivasi.

Sayyang Pattu'du

Tradisi Sayyang Pattu'du atau Kuda Menari ialah tradisi syukuran karena anak-anak berhasil khatam Alquran 30 juz. Dalam syukuran itu anak akan diarak kampung dengan seekor kuda dengan beragam irama dari pengiringnya.

Perahu Sandeq

Perahu Sandeq adalah simbol kehebatan suku Mandar di lautan. Para pelaut tanah Mandar mampu berlayar menggunakan perahu cadik yang sering digunakan untuk mencari nafkah. Pelayaran mereka juga cukup jauh, bahkan sampai ke Malaysia, Singapura, Jepang, Australia, Amerika Serikat, bahkan ke Madagaskar, Afrika Selatan.

Selain informasi terkait Suku Mandar, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.id.