Sering Dianggap Buruk, Ini Dia Manfaat Jari Keriput karena Terlalu Lama di Air
Ilustrasi jari kaki (Foto: Antara)

Bagikan:

Anda tentu pernah mendapati jari tangan atau kaki jadi keriput saat terlalu lama di air atau saat berenang. Keriput ini kerap dianggap sebagai hal yang mengerikan karena bentuk dan warnanya tak mengenakkan. Meski tak berkaitan dengan kesehatan, manfaat jari keriput ternyata tak diduga oleh banyak orang.

Manfaat jari keriput yang tak disangka

Dalam situs Scientific American, Rabu, 24 Februari dikatakan bahwa kerutan itu terjadi karena pembuluh darah yang terkonstriksi (pembengkakan dan pembekuan darah yang terkontrol) dari bawah kulit.

Dari penelitian yang dilakukan seorang Neurobiologi Evolusioner do 2AI Labs, Mark Changizi, di Boise, Idaho, menemukan fungsi kerutan di tangan dan kaki saat terlalu lama di air. Dari studi itu diketahui bahwa jari keriput lebih cepat mengambil kelereng basah daripada jari kering.

Penelitian lain yang dilakukan Tom Smulders, seorang evolutionary biologist di Newcastle University, Inggris, menemukan fakta bahwa efek ini membantu seseorang mendapat pijakan yang baik saat hujan atau di lantai basah.

Selain informasi terkait manfaat jari keriput, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.id.