Doa Bulan Rajab Lengkap dengan Arti dan Keistimewaannya
ILUSTRASI/Pixabay

Bagikan:

Bagi umat Islam, bulan Rajab memiliki sejumlah keistimewaan. Berdasarkan perhitungan kalender Hijriah, bulan Rajab dimulai pada hari Sabtu, 13 Februari 2021 hingga 14 Maret 2021. Doa bulan Rajab juga kerap diamalkan oleh umat Islam, khususnya di Indonesia.

Saat memasuki bulan Rajab, ada sejumlah doa dan amalan yang dapat dipanjatkan oleh orang Islam. Dalam buku yang berjudul Kalender Harian Ibadah Sunnah Sehari-hari Sepanjang Tahun karya Mujahidin Nur, ada sejumlah amalan yang bisa dilakukan, yakni sebagai berikut.

Istighfar di Bulan Rajab

Rasulullah SAW bersabda, bulan Rajab adalah bulan untuk memohon ampunan bagi umat Islam. Oleh karena itu umat Muslim alangkah baiknya memperbanyak istighfar.

أَسْتَغْفِرُ اللّّهَ وَ أَتُوْبُ إِلَيْهِ


Astaghfirullaha wa atuubu ilaiih

Artinya:

"Aku mohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya."

Tasbih di Bulan Rajab

Di bulan Rajab, umat Islam alangkah baiknya perbanyak membaca tasbih untuk mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa. 

Subhanallahil jaliil, subhaana mallaa yambaghittasbiihu illaa lahu. Subhaanal a'azzilakromi. Subhaana mallabisal'izza wa huwa lahuu ahlun

Artinya:

"Maha Suci Tuhan yang Maha Agung, Maha Suci yang tidak layak bertasbih kecuali kepada-Nya. Maha Suci yang Maha Agung dan Maha Mulia, Maha Suci yang menyandang keagungan, dan hanay Dia yang layak memilikinya."

Membaca Kalimat Tauhid di Bulan Rajab

Rasulullah SAW bersabda, barangsiapa yang membaca kalimat Tauhid di bulan Rajab sebanyak 1000x, Allah SWT akan mencatat baginya seratus ribu kebaikan. Allah SWT juga akan membangunkannya seratus kota di surga kelak.

لا إله إلا الله

La Illaha Illallah

Artinya:

"Tiada tuhan melainkan Allah."

Membaca Surat Al Ikhlas di Bulan Rajab

Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa barangsiapa membaca surat Al Ikhlas sebanyak 100x di hari Jumat pada bulan Rajab, ia akan mendapat penerangan jalan menuju surga.

Doa Nabi Muhammad SAW di Bulan Rajab

Diriwayatkan, Nabi Muhammad SAW pernah membaca doa bulan Rajab. Doa tersebut dimaksudkan agar usia kita bisa mencapai bulan Ramadan.

 أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Allahumma barik lana fi rajaba wa sya'bana wa balighna Ramadhana

Artinya:

Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Syaban, serta sampaikan lahh (umur) kami hingga bulan Ramadhan.

Selain informasi terkait doa bulan Rajab, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.id.